Satria Fadhil M Seorang blogger pemula yang ingin menemukan jati dirinya di search engine.

Ciri Komputer Generasi Pertama Adalah? Inilah Cirinya!

2 min read

Ciri Komputer Generasi Pertama Adalah

Halo teman-teman kembali lagi di blog infopult24, pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang ciri komputer generasi pertama adalah.

Generasi berbagai komputer memang sudah lama muncul versinya sejak pertama kali  komputer muncul yaitu di tahun 1945 oleh Charles Babbage.

Pada generasi pertama komputer awalnya diciptakan bukan untuk mengetik atau mencari informasi seperti saat ini, tetapi dipakai untuk mengembangkan pesawat dan peluru kendali.

Setelah melewati banyak generasi sampai saat ini (5 generasi) komputer sudah sangat sempurna jika hanya dipakai untuk pekerjaan umum.

Berikut dibawah ini adalah ciri komputer generasi pertama adalah.

Ciri Komputer Generasi Pertama Adalah

  1. Bentuk fisiknya yang sangat besar
  2. Mempunyai berat hingga sampai 30 ton
  3. Mempunyai panjang 30 m
  4. Mempunyai tinggi 2,4 m
  5. Menggunakan bahasa pemrograman tingkat rendah

Akan tetapi masih kurang lengkap pengetahuan kita tentang generasi komputer apabila hanya mengetahui ciri komputer generasi pertama adalah, maka dari itu akan saya jelaskan juga pengertian dari komputer generasi 1 sampai 5.

Pengertian Dari 5 Generasi Komputer (Generasi Pertama Sampai Kelima)

Computer Generasi Awal (1940-1956)

Fitur komputer yang awal nyatanya dibesarkan buat desain pesawat serta peluru kendali. Digagas oleh Konrad Zuse, seorang insinyur asal jerman, komputer generasi awal memakai tabung hampa hawa selaku sirkuit serta drum magnetik buat memori.

Komputer generasi awal ini sangat mahal serta besar, sampai mengisi segala ruangan. ENIAC komputer elektronik awal di dunia memiliki bobot 30 ton, panjang 30 Meter, serta besar 2,4 Meter.

Komputer generasi awal mengandalkan machine language, tingkat bahasa pemrograman sangat rendah yang dipahami komputer.

Bahasa pemrograman ini cuma dapat menuntaskan satu perhitungan tiap waktu dan perlu berhari-hari ataupun berminggu-minggu buat menyetel perhitungan baru.

Computer Generasi Kedua (1956-1963)

Diciptakannya transistor pada generasi ini mengganti wajah komputer yang diketahui generasi awal. Transistor mengambil alih tabung hampa serta mengawali pertumbuhan komputer generasi kedua.

Transistor jauh mengungguli tabung hampa serta membolehkan komputer jadi lebih kecil, cepat, murah, serta hemat tenaga dibanding dengan pendahulunya.

Tidak hanya itu, pada generasi ini pula dicoba pengembangan memori inti magnetik. Secara universal komputer generasi ini telah memakai bahasa pemrograman tingkatan besar, kapasitas memori telah cukup besar, tidak memerlukan sangat banyak listrik, serta proses pembedahan telah cepat.

Computer Generasi Ketiga (1964-1971)

Pengembangan integrated circuit jadi indikator komputer generasi ketiga. Dalam konsumsi komputer generasi kedua, transistor membuat komputer cepat panas, hingga komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Setelah itu pada tahun 1958 Jack Billy menghasilkan integrated circuit chip ataupun IC, kepingan kecil yang sanggup menampung banyak komponen jadi satu.

Komputer pada generasi ini jadi lebih kecil serta cepat dan murah, membolehkan pula jadi ada buat khalayak universal.

Komputer Generasi Keempat (1971-sekarang)

Mikroprosesor jadi terobosan dalam mendatangkan komputer generasi keempat dengan menyatukan ribuan IC ke dalam satu keping silikon.

Komputer generasi awal yang mengisi segala ruangan saat ini telah memuat dalam genggaman manusia. Muncullah laptop yang sangat portable serta bisa dibawa kemana- mana.

Bersamaan komputer- komputer kecil ini menguat, mereka bisa dihubungkan buat membentuk jaringan yang pada kesimpulannya memulai pertumbuhan internet.

Komputer Generasi Kelima (sekarang-masa depan)

Komputer generasi kelima ini adalah komputer yang kita pakai diisyarati dengan dengan timbulnya LSI ataupun large scale integration yang ialah pemadatan ribuan mikroprosesor kedalam satu mikroprosesor. Komputer generasi ini diisyarati pula dengan timbulnya semi konduktor.

Komputer quantum serta pemakaian nano technology pula hendak merubah besar-besaran wajah komputer yang kita tahu.

Tujuan dari komputer generasi kelima adalah meningkatkan komputer yang bisa merespon suara bahasa serta bisa belajar secara siuman.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini yang saya tulis mengenai ciri komputer generasi pertama adalah, jika artikel kali ini bermanfaat saya sangat senang sebagai penulisnya.

Sekian dulu dari saya terima kasih banyak sudah berkunjung dan sampai ketemu di lain artikel.

Satria Fadhil M Seorang blogger pemula yang ingin menemukan jati dirinya di search engine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *